VISITOR

Sabtu, 20 Agustus 2011

Top 20 EPC Company di Dunia

Majalah Engineering News-Record, yang merupakan bagian dari McGraw-Hill Company, baru-baru ini mengeluarkan daftar 200 perusahaan Design Firm terbesar di dunia.

Peringkat dibuat berdasarkan total revenue selama tahun 2006 kemaren, baik yang didapat dari dalam negeri tempat perusahaaan tersebut berasal maupun juga dari pendapatan hasil operasi di luar negeri.
Secara total, revenue mereka selama tahun 2006 kemaren adalah US$33.06 BILLION, naik 25.6% dari tahun 2005 yaitu US$26.31 BILLION.

Dari sisi lokasi, MIDDLE EAST adalah daerah yang paling memberikan hasil yang paling banyak bagi perusahaan DESIGN asing, yaitu US$6.12 BILLION, meningkat 69.3% dari tahun 2005.
Salah satu alasan kuat naiknya omset para EPC Company ini adalah naiknya harga minyak sehingga meningkatnya permintaan pembuatan atau pembangunan project project energy.
Middle East, secara bisnis meningkat secara significant. Saudi Arabia, walaupun dengan potensi minyak dan gas yang luar biasa, dianggap agak mengecewakan karena susahnya mendapatkan “Work Permit”, dibanding dengan Dubai yang sedang menggunakan “Liberal Approcah”.

Dari daftar yang dikeluarkan, yang paling mengejutkan atau malah mungkin sudah diduga adalah anjloknya posisi Kellogg Brown and Root (KBR) Houston, yang tahun lalu masih menempati peringkat pertama, tahun ini jatuh ke posisi 8.

Tapi, secaram umum memang terlihat bahwa memang pemain lama masih berkuasa, tapi ada pemain baru yang muncul menembus TOP 20. Salah satunya adalah SK ENGINEERING AND CONSTRUCTION, Seoul, Korea Selatan, yang tahun lalu masih diperingkat ke-47, tapi tahun ini sudah diperingkat ke 20.
Tapi, yang menarik juga, TECHNIP, Paris La Defense, terlempar ke posisi 26.
Beberapa perusahaan besar yang mempunyai cabang di Indonesia berada diluar 20 besar, seperti MCDERMOTT INTERNATIONAL INC, HOUSTON, USA di urutan 46. CHIYODA CORP di peringkat ke 103,

Dafar urutan 20 Besar adalah sebagai berikut:

epc-dunia-2006.jpg


Hady - August 20,2011

Tidak ada komentar: